BERITA

Puluhan Ribu Pelanggan PLN di Sumbawa Terdampak Pemadaman Listrik

Minggu, 10 April 2022   Admin   457  

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat 39.106 pelanggan mengalami Pemadaman Listrik akibat Cuaca Extrem yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota Sumbawa pada Sabtu (9/4/2022).

"Cuaca ekstrem mengakibatkan kerusakan pada beberapa jaringan PLN. Tercatat, enam tiang listrik roboh, delapan tiang miring, 10 tiang mengalami kerusakan komponen dan tujuh gardu listrik mengalami kerusakan," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, melalui keterangan resmi di Mataram, Ahad (10/4/2022).

Untuk mengatasi dampak cuaca ekstrem tersebut pihaknya langsung bergerak cepat melakukan perbaikan agar pasokan listrik segera kembali normal. Hingga Ahad pagi, sebanyak 550 pelanggan yang berlokasi di Kelurahan Madakando, Kota Bima, dan Desa Bajo, Kabupaten Bima, masih mengalami pemadaman listrik, karena tiang listrik di kedua daerah itu roboh dan masih dalam proses perbaikan.

"Kami sudah koordinasikan untuk pembangunan tiang yang baru. Semoga bisa segera selesai secepatnya," ujar Sudjarwo.

Ia juga menjelaskan salah satu tantangan yang dihadapi adalah akses jalan menuju lokasi gangguan yang tergolong ekstrem. Lokasi gangguan pun tersebar dari wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa hingga PLN UP3 Bima, mulai dari Lenangguar, Mpunda, Jatiwangi, Jatibaru, Bajo, Mataiyang dan beberapa lokasi yang lain.

"Salah satu akses ke lokasi yang cukup ekstrem adalah gangguan di Lenangguar. Kami menurunkan petugas dari kantor jaga di Klawis, untuk membantu proses penormalan di Lenangguar," ucap Sudjarwo.

Tak hanya akses jalan, kata dia, cuaca di lokasi gangguan yang hingga saat ini masih gerimis juga menghambat proses perbaikan. Sudjarwo juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada, serta memohon partisipasi dari masyarakat apabila mengetahui adanya jaringan listrik PLN yang berpotensi menimbulkan bahaya.

"Untuk kondisi jaringan yang sekiranya berpotensi bahaya, masyarakat dapat melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile untuk dapat segera kami tindaklanjuti," kata dia.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • PERKUAT PENYELENGGARAAN STATISTIK, DISKOMINFOTIKSANDI INISIASI RAPAT PEMBINAAN STASTISTIK SEKTORAL

    Dalam pembinaan statistik sektoral, Diskominfotiksandi berkolaborasi dengan BPS Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan rapat pembinaan statistik sektoral bagi OPD lingkup Kabupaten Sumbawa, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat PKK Kabupaten Sumbawa pada Rabu (4/6/2025). Hadir selaku narasumber adalah Kepala Dinas kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa

    Diskominfotiksandi Kontributif dalam mendukung Penyebaran Informasi Publik untukTingkatkan Literasi JKN di Kabupaten Sumbawa

    Sebagai upaya sinergi dengan media dan pemerintah daerah dalam hal penyebaran informasi yang akurat, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan terkait pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Sumbawa melaksanakan Engagement media, pada Rabu (4/6/2025)

    Percepat Implementasi TTE, Diskominfotiksandi Layani Penerbitan Akun TTE Kepala Sekolah

    Bidang Persandian Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa terus melakukan percepatan dalam implementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE). Bertempat di Ruang Kerja Bidang Persandian, pada Rabu (28/5) dilakukan fasilitasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) bagi Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Fasilitasi ini dilaksanakan sebagai upaya terus mempercepat implementasi TTE di Kabupaten Sumbawa.